Sejarah Linux dan Komunitas serta Macam Os Linux akan sedikti saya rangkum dari beberapa sumber,
Linux  adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi / Operating System komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan Software Opensource atau Sumber terbuka atau dapat diistilahkan perangkat
Lunak bebas.. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, Source Code / Sumber Kode Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa kapan saja dan dimana saja. Bebas untuk memberikan asumsi , kontribusi atau modifikasi serta mendistribusikan ke siapapun tanpa ada batasan.

Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds.( klik untuk dapat mengakses siapa itu Linux Trovalds) Sistemnya, peralatan sistem dan pustakan umumnya berasal dari sistem operasi GNU ( klik link berikut http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi_GNU untuk mengetahui arti Sistem Operasi GNU ), yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya pada server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems ( ORACLE ).
Seperti yang kita tahu bahwa Vendor diatas( Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems”ORACLE”) merupakan Vendor Perangkat Lunak  dan Perangkat Keras  Terbesar di dunia dan Sudah diketahui d ikalangan Umum. Dan dengan adanya dukungan tersebut Linux mulai perlahan berkembang dan terus berkembang , menjadi berbagai macam jenis dan type, Bukan berarti Linux mempunyai Banyak jenisnya tapi systemnya Jauh berbeda, akan tetapi yang terdapat dalam banyaknya tipe dan nama tersbut adalah merupakan sebuah ciri atau sebuah keunggulan lainnya, menurut dan sesuai kebutuhan dari pengembang itu sendiri.
Awalnya Linux adalah sebuah Sysytem Operasi yang terbuka dan Gratis , akan tetapi setelah beberapa dekade atau berjalannya waktu , banyak pihak pengembang Linux mulai memanfaatkan Tekhnologi tersebut untuk dikemmbangkan sebagai Ajang Komersial, dan untuk Tujuan tertentu.
Dalam banyak Type dan nama dari System Operasi Linux tersebut yang dijadikan Komersial adalah dengan Tujuan Sebagai Contoh , Operating System Khusus Untuk Server dan Hosting atau Tujuan Perusahaan Lain dalam mendapatkan sebuah Jalan Bisnis.
Sistem operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan pada pebisnis.
Sedikit Informasi dari Pengembangan  dan Kutipan dari Wikipedia tentang Linux  serta Komunitas.
Tentang Macam macam Linux dan Penjelasannya
Perbedaan utama antara Linux dan sistem operasi populer lainnya terletak pada kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Linux bukan satu-satunya sistem operasi dalam kategori tersebut, walaupun demikian Linux adalah contoh terbaik dan terbanyak digunakan. Beberapa lisensi perangkat lunak bebas dan sumber terbuka berdasarkan prinsip-prinsip copyleft, sebuah konsep yang menganut prinsip: karya yang dihasilkan dari bagian copyleft harus juga merupakan copyleft. Lisensi perangkat lunak bebas yang paling umum, GNU GPL, adalah sebuah bentuk copyleft, dan digunakan oleh kernel Linux dan komponen-komponen dari proyek GNU.
Sistem Linux berkaitan erat dengan standar-standar POSIX. SUS,ISO dan ANSI. Akan tetapi, baru distribusi Linux-FT saja yang mendapatkan sertifikasi POSIX.1.
Proyek-proyek perangkat lunak bebas, walaupun dikembangkan dalam bentuk kolaborasi, sering dirilis secara terpisah. Akan tetapi, dikarenakan lisensi-lisensi perangkat lunak bebas secara eksplisit mengijinkan distribusi ulang, terdapat proyek-proyek yang bertujuan untuk mengumpulkan perangkat lunak-perangkat lunak tersebut dan menjadikannya tersedia dalam waktu bersamaan dalam suatu bentuk yang dinamakan distribusi Linux.
Sebuah distribusi Linux, yang umum disebut dengan “distro”, adalah sebuah proyek yang bertujuan untuk mengatur sebuah kumpulan perangkat lunak berbasis Linux dan memfasilitasi instalasi dari sebuah sistem operasi Linux. Distribusi-distribusi Linux ditangani oleh individu, tim, organisasi sukarelawan dan entitas komersial. Distribusi Linux memiliki perangkat lunak sistem dan aplikasi dalam bentuk paket-paket dan perangkat lunak yang spesifik dirancang untuk instalasi dan konfigurasi sistem. Perangkat lunak tersebut juga bertanggung jawab dalam pemutakhiran paket. Sebuah Distribusi Linux bertanggung jawab atas konfigurasi bawaan, sistem keamanan dan integrasi secara umum dari paket-paket perangkat lunak sistem Linux.

Komunitas

Sebuah sesi baris perintah menggunakan bash.
Linux dikendalikan oleh pengembang dan komunitas penggunanya. Beberapa vendor mengembangkan dan mendanai distribusi mereka sendiri dengan dasar kesukarelaan. Debian merupakan contoh yang bagus. Yang lain memiliki versi komunitas dari versi komersialnya seperti yang Red Hat lakukan dengan Fedora.
Di banyak kota dan wilayah, asosiasi lokal yang dikenal dengan nama Kelompok Pengguna Linux (Linux Users Group atau LUG) mempromosikan Linux dengan mengadakan pertemuan, demonstrasi, pelatihan, dukungan teknis dan instalasi sistem operasi Linux secara gratis. Ada banyak juga komunitas Internet yang menyediakan dukungan terhadap pengembang dan pengguna Linux. Banyak proyek distribusi dan perangkat lunak sumber terbuka yang memiliki ruang percakapan IRC atau newsgroup. Forum daring merupakan bentuk lain untuk mendapatkan dukungan, contoh: LinuxQuestions.org dan forum Gentoo. Distribusi Linux memiliki milis dengan pembagian topik seperti penggunaan atau pengembangan.
Ada beberapa situs web teknologi yang berfokuskan kepada Linux. Linux Weekly News adalah sebuah cernaan mingguan dari berita-berita yang berkaitan dengan Linux. Sementara itu Linux Journal merupakan majalah Linux daring yang dirilis setiap bulan. Slashdot adalah situs web berita yang berhubungan dengan teknologi yang memiliki banyak berita tentang Linux dan perangkat lunak bebas. Groklaw memiliki berita mendalam tentang kemajuan Linux dan memiliki banyak artikel yang berhubungan dengan kernel Linux serta hubungannya dengan GNU dalam proyek GNU. Majalah Linux cetakan umumnya memiliki cakram sampul yang memuat perangkat lunak atau bahkan distribusi Linux lengkap.
Walaupun Linux secara umum tersedia secara gratis, beberapa perusahaan besar menjalani model bisnis yang terdiri dari penjualan, dukungan dan kontribusi terhadap Linux dan perangkat lunak bebas; ini termasuk Dell, IBM, HP, Sun Microsystems, Novell, dan Red Hat. Lisensi perangkat lunak bebas di mana digunakan Linux secara eksplisit mengakomodasi komersialisasi; hubungan antara Linux dan vendor-vendor individual dapat dilihat sebagai suatu simbiosis. Satu model bisnis yang umum dari pemasok komersial yaitu dengan mengenakan biaya atas dukungan khususnya terhadap pengguna-pengguna kalangan bisnis. Sejumlah perusahaan menawarkan versi bisnis dari distribusi Linux mereka, antara lain berupa dukungan atas paket-paket tak bebas dan alat bantu untuk mengatur sejumlah besar instalasi atau untuk memudahkan tugas-tugas administratif. Model bisnis yang lain adalah dengan memberikan perangkat lunak secara gratis untuk penjualan perangkat keras.

Linux opensource ubuntu

KOMUNITAS di Indonesia.

Banyak Situs Website maupun Komunitas Forum dan Komunitas para pengguna Linux di indonesia, dan Website Resmi Komunitas Linux di Indonesia adalah :

linux.or.id

Disana banyak membahas tentang struktur dan segala macam pembahasan pemrograman serta permasalahan dan pengembangan Linux itu sendiri.
Dan sebenarnya Para Programmer Linux di Indonesia telah banyak menciptakan , OS bermesinkan LINUX akan tetapi mungkin Anda banyak yang belum tahu, dan yang paling Gencar Dibicarakan pada tahun 2011 kemarin adalah sebuah O.S Bertipe kan LINUX dengan Kompatibilitas tinggi asli buatan anak negeri yang mampu menembus Nilai dan value serta Tingkat International yaitu : GARUDA OS , yang dapat diakses pada situs resminya yaitu http://www.garudaone.com/
ada juga sebuah Komunitas yang mencirikan tentang indonesia , yaitu LINUX BLANKON ( dibaca BLANG-KON bukan BLENG-ON) , sedikit bergaya inggris tapi ini adalah sebuah ciri khas dari OS LINUX itu sendiri , logonya pun berupa Blankon , wah bayangkan Pasti ada Gambar Batik – batiknya :D .
Komunitas ini dikelola oleh YPLI ( Yayasan Penggerak Linux Indonesia ) , dimana Situs Webnya berada Pada http://www.blankonlinux.or.id/

Serta banyak Pula yang lainnya dan anda dapat mencarinya lewat Mesin Pencarian Google ataupun yahoo.

Macam – Macam Linux

  • UBUNTU – http:.//www.ubuntu.com
  • GOS – http://gos.linuxfreedom.com
  • FEDORA – http://fedoraproject.com
  • DEBIAN – http://www.debian.org
  • REDHAT – http://www.redhat.com
  • OPENSUSE – http://www.opensuse.org
  • KERNEL – http://www.kernel.com
  • SUSE – http://www.suse.com
  • MINT – http://www.linuxmint.com
  • ORACLE – http://www.oracle.com/us/technologies/linux/index.html
  • IBM – http://www.ibm.com/linux
  • SOLARIS -http://www.oracle.com/us/technologies/linux/index.html
  • MANDRIVA – http://www.mandriva.com
  • XANDROS – http://www.xandros.com
  • KUBUNTU – http://www.kubuntu.com
  • ARCH – http://www.archlinux.com
  • KNOPPIX – http://www.knoppix.com
  • SLACKWARE – http://www.slackware.com
  • YELLOW DOG – http://www.yellowdoglinux.com
  • GENTOO – http://www.gentoo.org
  • PUPPY – http://www.puppylinux.org
  • CRUNCBANG – http://www.crunchbanglinux.org
  • ALINUX – http://www.alinux.tv
  • FREESPIRE – http://www.freespire.com
  • DSL – http://www.damnsmalllinux.org
  • PCLINUXOS – http://www.pclinuxos.com
  • GIMP – http://www.gimp.org
  • GNOME – http://www.gnome.org
  • DSLINUX – http://www.dslinux.org
  • ECLIPSE – http://www.eclipse.org
  • SABAYON – http://www.sabayon.org
  • LYCORIS – http://www.lycoris.org
  • LINARE – http://www.linare.org
  • XUBUNTU – http://www.xubuntu.org
  • OPENBSD – http://www.openbsd.org
  • FREEBSD – http://www.freebsd.org
  • GOOGLE (CHROME ) OS – http://www.getchrome.eu
  • LINDOWS – http://www.lindows.org
  • DREAMLINUX – http://www.dreamlinux.info
  • TRUSTIX MERDEKA – http://merdeka.trustix.co.id ( indonesia )
  • TEALINUX – http://www.tealinux.org ( indonesia )
  • GARUDA – http://www.garudaone.com ( indonesia )
  • BLANKON – http://www.blankonlinux.or.id ( indonesia )
  • KULIAX – http://www.kuliax.org ( indonesia )
  • DEPDIKNUX – http://www.depdiknas.org/depdiknuxdata/ ( indonesia )
  • TRUST CAFE LINUX ( indonesia ) sesuai untuk usaha Billing warnet
  • BRIKER – http://www.briker.org (indonesia)

Dan masih banyak yang lainnya , karena LINUX dikembangkan oleh Ribuan Programmer pecinta LINUX maupun programmer bayaran, seperti yangtelah dijelaskan diatas , pada pembahasan apa itu LINUX , PErusahaan besar juga berlomba membuat sebuah OS dari Pengembangan Linux untuk sebuah Jalan dan penyempurnaan.
Sekarang anda berminat dengan LINUX?

src :http://www.neon.web.id/sejarah-linux-dan-macam-os-linux-serta-forum-dan-komunitas?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+NWMFeed+%28Neon+Web+Media%29
img : http://os-wallpaper.blogspot.com/2009/09/linux-sexy-girl-wallpaper.html